14 October 2013

Doa Hari Arafah


Dari ‘Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ
yang bermaksud: “di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348).

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari datuknya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

yang bermaksud: “Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah.” (HR. Tirmidzi no. 3585. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Maksudnya, inilah doa yang paling cepat dipenuhi atau terkabulkan (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 10: 33).

Dikesempatan hari ini juga saya berdoa ke hadrat Illahi supaya menyelamatkan diri saya, ibubapa, adik beradik, sanak saudara dan seluruh umat Muhammad saw dari seksa kubur dan api neraka, dikuatkan iman dan dijauhkan dari fitnah Dajjal. Semoga Allah swt menyelamatkan saudara-saudara kita di Syria, Mesir, Pelastine, Mynmar, Thailand, Afganistan, Pakistan, Filippina dan juga di Malaysia.

No comments: