06 November 2013

Dinyatakan Hilang Selama 33 Tahun Di Afghanistan, Tentara Soviet Ini Masuk Islam

BAKHRETDIN Khakimov, seorang tentara Soviet yang dilaporkan hilang selama perang Soviet di Afghanistan dilaporkan masih hidup sebagai petugas lokal di provinsi Heart, Afghanistan. Bukan itu saja, tentara Soviet itu dilaporkan telah memeluk Islam. Namanya sekarang adalah Syeikh Abdullah.

Pada tahun 1979, ia ikut invasi Soviet ke Afghanistan. Namun di bulan-bulan pertamanya, ia diserang . Setelah itu, ia dinyatakan hilang dan mungkin dilaporkan mati.

Abdullah, berasal dari negara bekas Soviet di Asia Tengah Uzbekistan.

Wakil kepala komite veteran perang Afghanistan mengatakan bahwa Abdullah sudah lupa akan negara dan bahasa asalnya. Ia juga tidak pernah mencoba untuk menghubungi keluarganya setelah menderita trauma dalam pertempuran itu. Sheikh Abdullah menikah, namun istrinya sudah meninggal dan ia tidak memiliki anak.

Komite veteran perang mengatakan telah menemukan 29 orang dari 264 tentara yang masih terdaftar hilang selama perang Afghanistan satu dekade.

Diberikan pilihan untuk kembali ke rumah, tujuh di antaranya memilih untuk tinggal di Afghanistan. Sekitar 15.000 tentara Soviet tewas dalam pertempuran Soviet dan dan kaum Mujahidin di Afghanistan.

Sumber: Islampos

No comments: